Menggali Potensi Desa Talun sebagai Desa Wisata Pemancingan

Desa Talun merupakan salah satu desa wisata yang berada di Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati. Mengingat desa ini sebagian merupakan daerah rawa-rawa, maka masyarakat Desa Talun memanfaatkan hal tersebut guna membudidayakan ikan air tawar sebagai mata pencaharian. Tak hanya itu, seiring berjalannya waktu masyarakat dibantu dengan pemerintah desa menjadikan pembudidayaan ikan air tawar ini sebagai wisata desa. Hal ini menjadikan Desa Talun menjadi desa yang maju. Tak hanya itu desa talun juga memiliki banyak daya tarik wisata yang layak untuk dikunjungi. Seperti pemijahan, pendederan dan pengglondongan bibit ikan karper, budi daya ikan jaring apung serta wisata pemancingan dan kuliner ikan bakar. Jenis ikan yang dibudidayakan cukup beragam diantaranya: ikan Lele, Ikan, Patin, Ikan Mas, Ikan Nila dan lain-lain Dari banyaknya kolam tambak yang ada di lokasi wisata Desa Talun sudah banyak yang dioperasikan untuk tempat wisata pemancingan dan pondok saji ikan bakar sebagai sarana taman rekreasi keluarga yang murah meriah terkhusus bagi penggemar memancing. Lokasi wisata budidaya ikan air tawar ini terletak di ujung desa sebelah utara berbatasan dengan Desa Boloagung.

Desa Talun mempunyai kolam budidaya ikan air tawar dan pembenihan seluas 276, 75 ha. Meskipun sudah banyak masyarakat yang memanfaatkan potensi tersebut, namun masih diperlukannya perencanaan dan strategi lebih matang guna lebih banyak menarik minat wisatawan. Selama ini pengunjung yang datang masih berkisar sekitar warga Kayen dan sekitarnya. Oleh karena itu butuh adanya dukungan dan setuhan dari pemerintah setempat agar potensi yang dimiliki desa talun tersebut bisa sukses dan menjadi wisata yang ramai diminati oleh wisatawan baik dalam kota maupun luar kota.

Selain wisata budidaya ikan air tawar dan pemancingan, Desa Talun juga mempunyai wisata religi yaitu wisata kirab luwur slambu di Makam mbah Sari Den Suradi. Makamnya terletak di wilayah wisata budidaya ikan air tawar.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan